Wisata Tasikmalaya Kaya Akan keindahan Priangan Timur

ADVERTISMENT

Keindahan Curug Dengdeng Wisata Tasikmalaya Yang Sangat Sangat Cantik

Sebelum mengenal mengenai wisata Tasikmalaya, ada baiknya anda tahu kondisi geografis daerah yang bernama Tasikmalaya. Tasikmalaya merupakansalah satu daerah di Provinsi Jawa Barat dengan luas wilayah 2.563,35 km2. Tasikmalaya letaknya sangat strategis karena merupakan jalur perlintasan dan transit dari berbagai daerah di Jawa Barat ke arah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Dan yng lebih menarik lagi, posisi Tasikmalaya berada di antara daerah tujuan wisata seperti Garut, Pangandaran dan Bandung. Hal ini pun menjadi peluang untuk hal pengembangan daya darik wisata Tasikmalaya. Sehingga Tasikmalaya sering dikenal dengan sang mutiara dari Priangan timur. Penasaran apa sata tempat wisata dari sang mutiara di Priangan Timur ini, berikut beberapa tempat wisata Tasikmalaya yang harus anda coba.

  1. Curug Dengdeng

Seperti halnya daerah-daerah lain yang ada di Jawa Barat dengaan potensi wisata alam yang begitu banyak, Tasikmalaya juga tak kalah dengan daerah-daerah lain Jawa Barat. Ratusan curug yang menawan-menawan dapat anda temui di tempat wisata Tasikmalaya ini. salah satunya adalah Curug Dengdeng. Curug Dengdeng merupakan wisata Tasikmalaya selatan yang lokasinya terletak di Tawang, Cikatomas, Pancatengah, Kabupaten Tasikmalaya. Objek wisata Curug Dendeng ini walau belum mendapat pengelolaan secara resmi dari pemerintah. Tetapi sudah terkenal dikalangan nitizen yang menyukai berpetualang di alam terbuka. Menurut cerita warga setempat, dulu curug Dengdeng merupakan tempat persembunyian tentara DI/TII. Nah buat anda seorang sejarawan segeralah cari tahu tentang hal ikhwal tersebut. terlepas dari cerita sejarah curug dengdeng, jalan yang ditempuh masih agak sulit ya, soalnya wisata tasikmalaya indah ini kondisinya masih sangat alami. Bagi anda yang suka blusukan (istilah yang selalu dipakai presiden Jokowi), curug yang satu ini recommended banget deh. Dan jangn lupa bawa perbekalan yang memadai ya saat anda berkunjung ke tempat ini. Minimal bawa makanan lah biar anda ga kelaparan, soalnya di tempat ini akan jarang anda temui warung-warung gitu. Rasa lelah yang ada rasakan saat perjalanan akan segera terobati dengan keindahan curug yang satu ini. saat anda sampai dilokasi, saya jamin pasti anda ingin segera nyebur aja tuh gara-garaairnya yang begitu segar. Kemudian satu hal yang tak boleh anda lewatkan saat ke tempat wisata Tasikmalaya 2017 ini, yupss selfie-selfie tentunya.

  1. Pusat Kerajinan Rajapolah

Tak lengkap rasanya liburan anda jika tidak ke tempat wisata Tasikmalaya Rajapolah. Rajapolah adalah suatu kecamatan di Tasikmalaya yang identic dengan kerajian-kerajinannya. Di rajapolah inilah pusatnya kerajinan tangan Tasikmalaya, berbagai kerajinan tangan dapat anda temui disini misalnya kerajianan dari anyaman pandan, anyaman bambu, kayu dan masih banyak lagi. Di Rajapolahlah tempat anda berburu oleh-oleh saat berlibur ke Tasikmalaya. Banyak sekali pilihan menarik yang bisa anda beli di sini misalnya untuk cenderamata ada tas batok, tas eceng, paying geulis, kelom geulis, dan aneka souvenir yang murah meriah. Belanja di Rajapolah boleh ko menawar, yang penting anda pinter-pinter menawarnya saja. Selain kerajinan tangan Rajapolah. Tasikmalaya juga mempunyai sentra kerajinan Batik di daerah di kampung Ciroyom, Kelurahan Naglasari, Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya. Dan sentra border di daerah kecamatan Kawalu.

  1. Kampung Naga

Wisata Tasikmalaya yang satu ini sangat kental dengan nuansa budaya sunda nya lho yang bernama Kampung Naaga. Kampug Naga adalah sebuah kampong adat yang terletak di Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya. Yang keren dari kampung adat ini adalah masyarakat yang masih memegang teguh budaya dan adat istiadat secara turun temurun, disamping semakin modern nya dunia saat ini. karena hal inilah kemudian kampong adat ini menjadi sasaran para wisatawan untuk berkunjung ke Kampung Naga. Kampong naga juga sering dijadikan tempat studi dan penelitian-penelitian tentang kehidupan masyarakat sunda serta peralihannya pengaruh Hindu ke Islam. Masyarakat Kampung Naga menyebut dirinya beragama islam, namun islam yang telah bercampur dengan adat dan tradisi turun temurun masyarakatnya. Atau bisa dikatan islam kampung adat beda dengan agama islam pada umumnya. Misalnya mengenai solat 5 waktu, warga kampung adat hanya melakukannya sekali setiap hari jumat. Untuk masuk ke kampung naga tidak dipungut biaya sepeser pun ya, tapi ada seorang pemandu yang siap untuk memandu anda.

Kedatangan anda ke Tasikmalaya tak lengkap jika anda tidak berbelanja di kota ini, ya minimal mencicipi kekayaan kuliner setempat. Yang perlu anda tahu, kuliner Tasikmalaya tak kalah lho dengan kuliner Bandung yang sangat terkenal itu. Banyak sekali kuliner Tasikmalaya yang menjadi favorit wisatawan misalnya nasi Tutug Oncom. Apa itu nasi tutug oncom?. Tutug oncom adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar oncom. Oncom ini dibuat sambal kemudian dicampur dengan nasi hangat. Eemmm enak sekali tentunya. Dan kemudian disajikan dengan cipe (tempe goreng), sambal goang, telur dadar menambah kenikmatan nasi tutug oncom. Untuk mencari penjual TO ini anda tak perlu khawatir, karena penjual nasi TO sangat menjamur di Tasikmalaya terutama di wilayah Kota Tasikmalaya. Penasaran bukan, ayo buuan berlibur ke kota mutiara dari Priangan Timur ini. ini ulasan saya mengenai wisata Tasikmalaya, bagaimana dengan anda?.

Kunjungi juga Artikel Kami Yang Lain.

ADVERTISMENT

Wisata Tasikmalaya Pusat Kerajinan Rajapolah Cocok Untuk Oleh Oleh

Keindahan Curug Dengdeng Wisata Tasikmalaya Yang Sangat Sangat Cantik

Kampung Naga Wisata Tasikmalaya Yang Masih Kental Dengan Kebudayaan Lokal

ADVERTISMENT
4 weeks ago Tommy 20 Views