Wisata Solo Kaya Akan Keindahan Peradaban Jawa Tengah

ADVERTISMENT

Taman Sriwedari Wisata Solo Yang Bagus

Keraton, batik dan pasar klewer menjadi simbol identitas kota dan wisata Solo. Bahkan dinamika perekonomian yang akan menjadi tolak ukur maju mundurnya untuk otonom tidak terlepas dari ketiga hal tersebut. layaknya perekonomian sebuah kota yang didominasi oleh kegiatan pariwisata dan perdagangan barang dan jasa, begitu juga halnya dengan kota Solo atau nama lainnya Kota Surakarta. Keraton Kasunan Surakarta Hadiningrat dan Pura mangkunegaran yang eksis sejak tahun 1745 menjdikan Solo sebagai poros sejarah, budaya seni yang memiliki nilai jual. Nilai jual tersebut termanifestasi melalui bangunan-bangunan kuno, tradisi kerajaan yang masih terpelihara, dan karya seni yang sangat menakjubkan. Yang semakin menambah daya tarik wisata Solo adalah tatanan masyrakatnya yang tak lepas dari sentuhan kutural dan spiritual keraton. Untuk mengenal lebih dekat tentang wisata Solo, kita mulai dari wisata solo murah yang tak akan menguras terlalu dalam dompet anda. Wisata solo tersebut diantaranya:

  1. Wisata Solo Air Terjun Tawangmangu

Wisata Solo (air terjun tawangmangu) lokasinya berada di Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Solo, Jawa Tengah. Tiket masuk wisata Solo ini lumayan murah hanya 6 rbu/orang saja. Air terjun Tawangmangu ini termasuk dalam kawasan Hutan Wisata Grogongan Sewu. Grogongan itu sendiri berasal dari bahasa jawa “Grojongan” yang artinya air terjun dan “sewu” arinya seribu. Tapi bukan berarrti air terjun disini jumlanya ada seribu. Melainkan kata seribu, berasal dari penggunan istilah pada jaman daluhu yaitu seribu pecak (satuan jarak yang digunakan untuk mengukur ketinggian air). Wisata Solo air terjun ini memiliki dua pintu masuk, yaitu lewat jalur bawah dan jalur atas. Jika anda memilih jalur atas, anda harus menuruni beberapa anak tangga untuk mencapai air terjun. Tapi jika anda memilih jalur bawah, anda akan melewati sebuat jembatan yang mempunyai mitos tentang cinta. Mitos apa itu sekiranya? Mitosnya adalah apabila sepasang kekasih melewati jembatan ini maka hunbungan mereka akan berakhir atau putus. Jika gam au putus, maka anda bisa memilih jalur atas. Padahal jembatan yang mempunyai mitos cinta tersebut memeliki pemandangan yang sangat romantis apalagi kalau anda gunaka untuk berfoto.

  1. Wisata Solo Keraton Surakarta

Seperti yang saya paparkan sebelumnya bahwa keraton Surakarta merupaka icon wisata Solo Jawa Tengah yang harus anda kunjungi. Suasana yang jawa banget dan seolah-olah anda berada di jaman kerajaan terhalu. Pohon beringin yang berdiri megah, gerbang keraton yang berwarna putih dengan pahatan symbol Solo akan menyambut kedatangan anda. Kamu cukup membayar 10 rbu untuk bisa masuk kedalam keraton dan 15 rbu ntuk wisatawan mancanegara. Untuk menambah pengetehuan anda tentang Keraton Surakarta, anda akan dipandu oleh seorang abi dalem yang fasih berbahasa inggris dan meguasai seluk beluk budaya Solo yang semakin membuat wisata Solo anda lebih menarik.

  1. Wisata Solo Pasar Ngarsopuro

Pasar Ngarsopuro akan melengkapi wisata Solo malam anda, maka tak boleh anda lewatkan. Pasar ini lokasinya berada di Jl Diponegoro, Keprabon, Banjarsari, Kota Surakarta.  Pasar ini buka hanya pada hari Sabtu dan minggu pukul 19.00-21.00. Malem mingguan di Pasar ini pastinya asik bersama pasangan ataupun keluarga. Berbagai barang kerajinan yang Solo banget bisa anda temui di wisata Solo yang satu ini seperti batik, macam-macam souvenir, produk UKM, dan makanan khas Solo.

  1. Wisata Solo Pasar Klewer

Wisata Solo yang satu ini sangat terkenal dengan harga yang sangat murah-murah. Jika anda berlibur ke Solo, sempatkan waktu anda untuk berbelanja disini. Pasar ini merupakan pasar tekstil terbesar di Solo dan yang menarik letak pasar ini bersebelahan dengan Keraton Surakarta. Wisata Solo (Pasar Klewer) terdiri dari 4 lantaiyang sudah dilengkapi dengan lift dan escalator. Pasar ini juga sangat bersih dan tentunya bikin nyaman berbelanja. Yang baru dari wiata Solo (pasar klewer) ini telah adanya basement yang cukup luas untuk perkir kendaraan. Selain wisata Solo yang murah-murah tersebut, alternatif baru dari Wisata Solo 2017 yang kekinian dan cocok buat anak muda maupun orang tua diantaranya:

  1. Wisata Solo Alun-alun kidul (alamat: Gajahan, Pasar Kiwon, Kota Surakarta).
  2. Taman Sriwedari (alamat: Jl Slamet Riyadi, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta salah satu wisata Solo kota remonded).
  3. Benteng Vastenburg (alamat: Kedung Lumbu, Pasar Kliwon, Kota Surakarta).
  4. Taman Patung Kuda Manahan (alamat: Jl MT Haryono, Manahan, Banjarsari, Kota Surakarta).
  5. Taman Balekambang (alamat: Jl Balekambang No 1, Banjarsari, Kota Surakarta).
  6. Pandawa Water World (alamat: Gedangan, Grogol, Sukoharjo).
  7. Solo Square (alamat: Jl Brigjen Slamet Riyadi, No 451, Laweyan, Pajang Laweyan, Surakarta).
  8. Pasar Gede Harjonagoro (alamat: Jl Urip Sumoharjo, Jebres, Kota Surakarta).
  9. Museum Batik Danar Hadi (alamat; Jl Brigjen Slamet Riyadi, no 261, Sriwedari, Surakarta).

 

 

 

ADVERTISMENT

Pasar Klewer Wisata Solo Yang Menjadi Surga Belanja Bagi Wisatawan

Cantiknya Taman Balekambang Wisata Solo Yang Cocok Untuk Rekreasi Keluarga

Keraton Surakarta Wisata Solo Yang Penuh Sejarah

Benteng Vastenburg Wisata Solo Yang Unik Dan Penuh Sejarah

Wisata Solo Square Yang Kekinian

Taman Patung Kuda Wisata Solo Yang Instagramable

Sejuknya Air Terjun Tawangmangu Wisata Solo Yang Recommended

Alun Alun Kidul Wisata Solo Yang Syahdu

ADVERTISMENT
4 months ago Adelle Reichwein 44 Views