Wisata Garut Dengan Eksotisme Alamnya

ADVERTISMENT

Wisata Garut

Kabupaten Garut terbentuk karena pemisahan Kabupaten Limbangan pada tahun  1811 oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda yaitu Herman William Deandels. Garut memiliki tanah yang subur dan udara yang sejuk karena dikelilingi oleh beberapa gunung. Dengan keadaan geografis tersebut garut memiliki wisata yang menarik dan banyak dikunjungi wisatawan dari daerah-daerah di sekitarnya. Berbagai destinasi wisata Garut pun antara lain:

  1. Wisata Bahari Garut

Wisata bahari di Garut memiliki keanekaragaman yang unik dan menarik yang bisa membuat wisatawan terlena akan keindahannya. Salah satu wisata bahari di Garut yaitu pantai sayang heulang yang terletak di Kecamatan Cikelep sebelah selatan pusat kota Garut, di pantai ini terdapat curug laut yang bisa digunakan wisatawan untuk melihat lebih dekat bagaimana air laut mengalir dari tempat yang lebih tinggi ke tempat yang lebih rendah. Selanjutnya wisata Garut yang berbau bahari adalah pantai Santolo yang  sangat popular sekarang-sekarang ini. Pantai ini letaknya satu kecamatan dengan pantai Sayang Heulang. Air lautnya yang biru dan pesisir pantainya yang landai  nampak berwarna putih dan jajaran batu yang membelah pantai sangat memanjakan mata pengungjung yang ingin melepaskan penat dari kegiatan sehari-hari mereka. Di pantai santolo ini terdapat sebuah muara yang unik, karena biasanya muara itu air sungai yang mengalir ke laut, tetapi muara di Santolo ini sebaliknya yaitu air laut yang masuk ke sungai. Ini merupakan destinasi yang unik dari Garut. Pantai selanjutnya yang semakin memperkaya wisata Garut yaitu pantai Puncak Guha  yang berlokasi di Desa Sinarjaya Kecamatan Bungbulang Kabupaten Garut. Pantai ini memiliki keindahan pemandangan yang tidak kalah dari pantai Sayang Heulang mapun pantai Santolo.

  1. Wisata Alam Garut

Selain deretan pantai yang sangat mempesona Garut juga mempunyai wisata alam yang tidak kalah menariknya misalnya: pertama, Situ Bagendit yaitu sebuah danau yang lokasinya berada di Kecamatan Banyuresmi. Nuansa alam dan lingkungan yang masih bersih menjadi daya tarik tersendiri dari Situ Bagendit. Wisatawan bisa menikmati panorama alam yang indah dengan menggunakan rakit dan sepeda air yang telah disediakan oleh petugas. Ada cerita menarik tentang legenda Situ Bagendit yaitu pada zaman dahulu ada seorang Janda kaya raya yang sangat pelit, janda tersebut bernama Endit. Suatu hari saat nyi Endit mengadakan selamatan datanglah pengemis tua, dan otomatis pengemis itu diusir dan dihina-hina oleh nyai Endit. Keesokan harinya penduduk melihat sebatang lidi yang menancap di jalan desa, yang tidak bisa dicabut meskipun warga sekitar berusaha mencabutnya. Lidi itu pun kemudian berhasil dicabut oleh pengemis tua yang tempo hari datang ke nyai Endit, setelah batang lidi dicabut keluarlah air yang deras, yang semakin lama semakin deras sehingga warga setempat pergi mengungsi, kecuali nyai Endit yang merasa sayang dengan hartanya, sehingga dia tidak mau beranjak dari kampungnya. Kemudian lambat laun janda kaya ini pun tenggelam bersama harta kekayaaannya. Dan akhirnya tempat ini pun oleh warga sekitar diberi nama Situ Bagendit. Kedua, Curug Orok yang terletak di Desa Cikandang, Kecamatan Cikajang, Garut. Curug ini bisa ditempuh  sekitar 35,8 km atau sekitar satu jam dari terminal Garut menggunakan kendaraan. Sepanjang jalan menuju curug ini kita akan disuguhi dengan keindahan suasana hijau menenangkan. Tiket masuk Curug Orok ini yaitu Rp 12.000 per orang. Ketiga, Gunung Papandayan. Tempat wisata yang satu ini pasti tidak asing lagi bagi wisatawan karena ke populeran pemandangannya. Saat akan mendaki ke gunung papandayan ini biasanya melewati tiga kawah tiga kawah yaitu Kawah baru, Kawah Pengantin dan Kawah Emas. Untuk melewati kawah-kawah ini para wisatawan sebaiknya menyediakan masker karena bau belerangnya yang lumayan sangat menyengat.

  1. Wisata Kuliner Garut

Garut memang kaya akan tempat-tempat nan indah dan memanjakan mata, yang tidak boleh terlewatkan saat berwisata ke Garut adalah wisata kulinernya, karena Garut mempunyai kekayaan kuliner yang luarbiasa. Wisata Garut  (kuliner) biasanya identik dengan dodol, tapi banyak hal yang perlu diketahui dari Garut selain dodol loh. Misalnya: Nasi Batok Kelapa, Pindang Domba, Buras Jengkol dan Sawo Walanda yang biasanya ditemui di sepanjang jalan Garut. Selain itu beberapa destinasi yang menghidangkan kekayaan kuliner di Garut antara laian: pertama, Restoran Asep Strawbery yang berdiri pada tahun 2012. Restorant ini menyajikan hidangan khas tanah sunda yang disajikan dengan potongan Strawbery didalamnya. Misalnya nasi goring toping strawberry, nasi liwet sambal strawberry dan sop ikan gurame strawberry yang sangat menggugah selera. Kedua, Restorant Bukit Alamnda yang semakin melengkapi wisata Garut yang terletak di perbukitan dan menyuguhkan cuaca yang sangat sejuk. Salah satu hidangan di tempat ini adalah nasi campur alamanda, yang terdiri dari sate, karedok, sambal terasi, lalapan dan gorengan atau bakwan.

ADVERTISMENT

Wisata Garut

ADVERTISMENT
9 months ago Adalicia Reidenbach 50 Views