Wisata Cirebon Yang Legendaris Dan Penuh Dengan Pesona Alam

       

Rame Ing Gawi Ing Pamrih (Kerja keras dengan harapan yang suci) adalan motto yang tertera pada lambang daerah Kabupaten Cirebon. Maksud dari kalimat tersebut adalah jiwa, motivasi, yang menjadi pegangan para pemimpin yang mengelola daerah seluas 900 km ini. Perekonomian tempat ini ditopang oleh perdagangan, pertanian dan tentunya Wisata Cirebon yang beragam. Kabupaten Cirebon juga menjadi andalan industri kecil seperti Meubel dan kerajinan rotan. Industri-industri tersebut dapat anda temukan salah satunya di Desa Tegalwangi. Kabupaten yang lahir 2 April 1482 ini potensi wisatanya tidak diragukan lagi. Berdasarkan catatan dinas pariwisata setempat, wisatawan yang berkunjung ke Cirebon pada tahun 2004 sebanya 4, 3 juta orang. Dari jumlah tersebut pengunjung sebagian mengunjungi makam Sunan Gunung Djati untuk melakukan ziarah. Selain tempat ziarah tersebut wisata Cirebon baik di Kabupaten Maupun kota yang lain adalah wisata Cirebon terbaru yang harus anda coba.

  1. Cirebon Waterland Ade Irma Suryani

Cirebon Waterland Ade Irma Suryani ini adalah taman rekreasi yang lokasinya terletak di Jl Yos Sudarso No 1, Lemahwungkuk, Cirebon. Buka jam 09.00-19.00 WIB dan tiket masuk taman ini cukup murah hanya 7 rbu/orang saja. Anda pasti penasaran, kenapa wisata Cirebon yang satu ini dinamai taman Ade Irma, siapakah dia?. Ade Irma Suryani adalah anak seorang Jendral Besar Dr Abdul Haris Nasution yang terbunuh pada perirtiwa Gerakan 30 September tahun 1965 ketika usianya masih sangat kecil (5 tahun). Pengorbanan anak yang masih kecil ini diabadikan oleh warga Cirebon sebagai nama taman. Sebenarnya wisata Cirebon ade Irma  ini ada dua di Indonesia, yaitu di Bandung dan Cirebon. Bedanya adalah kalau di Bandung taman ade iram isinya seputar pembelajaran tentang lalu lintas. Sedangkan di Cirebon Taman ini yaitu tempat rekreasi anak yang lokasinya berada di pinggir pantai. Tempat ini sangat cocok anda jadikan alternatif wisata Cirebon untuk anak bermain-main bersama keluarga tercinta.

  1. Wanawisata Ciwaringin

Wisata Cirebon yang satu ini terletak di Desa Ciwaringin,Cirebon. Wanawisata Ciwaringin adalah kawsan hutan yang masih alami dengan deretan pepohonan yang tertata rapi. Wisata Cirebon ini memiliki danau yang bernama Danau Ciranca. Bagi anda yang suka memancing, anda bisa memancing di Danau ini tanpa dipungut biaya, dan ikan hasil pancingan anda pun boleh anda bawa pulang. Selain aktivitas memancing anda pun dapat menonton bapal motor croos. Karena di wisata Cirebon ini terdapat area balap motor cross. Ada yang menarik dari wisata Cirebon ini, karena hutan ini dipenuhi oleh pohon kayu putih. Kampung Batik Trusmi

Kampung batik Trusmi merupakan wisata Cirebon bagi anda yang suka berbelanja batik. Cirebon merupakan salah satu kota penghasil kain batik di pulau Jawa seperti halnya Jogja, solo maupun Pekalongan. Motif yang terdapat pada kain batik Cirebon pun berbeda dengan motif batik dari daerah lain. Motif Cirebon lebih mendapat pengaruh daerah pesisir pantai utara Jawa. Salah satu kampong sentra batik di Cirebon adalah kampong Trusmi yang terletak di Kecamatan Plered. Toko-toko di Kampung Trusmi ini konsepnya adalah rumah jadi jika memasuki toko tersebut jangan lupa untuk membuka sepatu ya. Konsep tersebut yang menjadikan suasana belanja batik ditempat ini enak tidak sumpet seperti toko-toko pada umumnya.

Selain wisata Cirebon 2017 (terbaru) yang saya rekomendasikan untuk anda, sat berkunjung Cirebon jangan lupa untuk wisata Cirebon kulinernya. Kuliner di daerah ini sangat enak-enak dan menarik untuk anda coba. Berikut beberapa rekomendasi wisata (Cirebon Kuliner) yang kekinian antara lain:

  1. Wisata Cirebon kuliner (Nasi jamblang)

Nama makanan yang satu ini merupakan icon Cirebon, Jadi anda harus mencicipi masakan yang satu ini. Nasi Jamblang adalah nasi putih hangat yang dibungkus daun jati, disajikan dengan aneka lauk pauk. Mulai dari semur ati, sate usus, rendang daging, tahu goreng, tempe goreng lengkap dengan sambel bisa anda pilih sesuai selera anda. Jenis makanan ini bisa anda temui hampir diseluruh wilayah Cirebon. Nasi Jamblang ini sudah ada di Cirebon sejak jaman Belanda lo, keren kan?. Seporsi nasi Jamblang senantiasa akan melengkapi wisata Cirebon anda.

  1. Wisata Cirebon kuliner (Empal Gentong)

Selain Nasi Jamblang makanan khas Cirebon lainnya adalah Empal Gentong. Empal gentong adalah masakan daging yang dimasak dengan kuah khusus sampai empuk. Salah satau empal gentong yang terkenal di Cirebon adalah empal gentong haji apub. Lokasinya berada di Jl Raya Ir Haji Juanda 24 Battembat, Cirebon. Harga nya pun relatif murah yakni 16 rbu/porsi.

  1. Wisata Cirebon kuliner (Bubur Sop Ayam)

Untuk melengkapi wisata Cirebon anda, silahkan mencicipi kuliner unik dari Cirebon yang satu ini. kenapa unik? Karena bubur disini disantap dengan sop ayam yang pastinya menyegarkan apalagi disantap saat sarapan. Untuk melengkapi liburan anda ada beberapa wisata Cirebon dekat statsiun yang saya rekomendasikan. Tempat-tempat tersebut diantaranya: wisata Cirebon Keraton Kasepuhan, Wisata Cirebon Taman Sari Gua Sunyarigi, dan Wisata Cirebon Keramat Plangon.

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.