Tempat Wisata di Cianjur dengan Sejuta Pesona Alam nan Eksotis

Cianjur identik dengan beras, ya daerah ini memang salah satu daerah lumbung padi di Jawa Barat. Oleh karena itu Cianjur dikenal sebagai daerah agraris. Selain sebagai daerah agraris Cianjur juga merupakan salah satu daerah pusat pariwisata di Jawa Barat. Tempat wisata di Cianjur banyak sekali yang tak kalah dengan wilayah-wilayah yang ada di Jawa Barat lainnya. Berikut beberapa tempat wisata di Cianjur.  Baik itu tempat wisata di Cianjur terbaru, tempat wisata di Cianjur deket statsiun, tempat wisata di Cianjur Cipanas maupun yang lainnya yang bisa anda jadikan alternatif berlibur anda.

  1. The Little Venice Cipanas

Ingin berlibur ke luar negeri tapi dana terbatas maupun hari libur anda yang dingkat. Jangan khawatir karena Indonesia mempunya objek wisata dengan suasana luar negeri banget. Tempat tersebut adalah The Little Venice yang lokasinya berada di Komplek kota Bunga Jl Hanjawar, Desa Sukanagalih, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur. Tempat wisata di Cianjur terbaru ini menawarkan pemandangan yang indah bertemakan kota Venice, Italy. Harga tiket masuk tempat wisata di Cianjur ini adalah 15 rbu/orang. Dan jika anda ingin menaiki wahana tertentu anda harus bayar lagi. tempat wisata di Cianjur ini pun menyeidakan beberapa wahana seperti: perahu gondola, kapal misipi, sniper dan masih banyak lagi.

  1. Taman Bunga Nusantara

Jawa Barat memang surganya wisata alam yang menampilkan kawasan sejuk, hijau dan udara yang sangat mnyegarkan hati maupun pikiran. Salah satu tempat wisata di Cianjur deket statsiun yang keren banget adalah Kebun Bunga Nusantara. Ya seperti namaya, tempat ini merupakan gudangnya bung-bunga cantik yang dirawat menggunakan perawatan khusus dan dikemas dalam berbagai bentuk yang menarik. Bayangkan saja, saat anda lelah bekerja atau lelah dengan kegiatan sehari-hari pergi ke tempat wisata di Cianjur yang satu ini. Kemudian anda berbaring atau duduk-duduk santai di kawasan rumput yang lapang dengan pemandangan sekeliling penuh dengan bung-bunga cantik yang bau semerbak, rasanya pasti luar biasa. Tempat wisata di Cianjur selatan ini recommended banget untuk anda.

  1. Kebun Raya Cibodas

Tempat wisata di Cianjur ini menawarkan pemandangan yang begitu indah dengan udara yang super sejuk karena berada di ketinggian 1275 mdpl dengan suhu 17-27 derajat. Kebun Raya Cibodas lokasinya berada di Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur. Nama lain Kebun Raya Cibodas adalah Cibodas Botanical Garden karena tempat wisata di Bogor yang satu ini memiliki banyak sekali jenis pepohonan maupun tumbuhan hijau lainnya. Tempat wisata di Cianjur Kebun Raya Cibodas buka setiap hari dari jam 7 pagi sampe jam 5 sore. Anda pun bisa dengan puas menikmati udara sejuk dan pemandangan yang membuat mata terlena disini. Di dalam lokasi Kebun Raya terdapat rumha kaca yang berisi koleksi macam-macam jenis kaktus, anggrek dan tanaman-tanaman langkapun tersedia disini. Selain rumah kaca, kebun raya cibodas juga memiliki spot favorit yang lain yakni air terjun Cibodas, kebun pohon sakura, danau dan masih banyak lagi. tiket masuk tempat wisata di Cianjur (kebun raya Cibodas) ini adalah 9.500/orang plus biaya parkir motor 5 rbu dan biaya parkir mobil 16 rbu.

  1. Istana Presiden Cipanas

Tempat wisata di Cianjur cipanas yang satu ini wajib anda kunjungi loh. Istana Presiden Cipanas merupakan salah satu dari 6 istana presiden yang terletak di kaki gunung gede, tepatnya 103 km dari Jakarta kearah Bandung lewat Puncak. Tempat wisata di Cianjur (Istana Presiden) ini berdiri diatas lahan seluas 26 ha dan luas bangunannya mencapai 7.760 m persegi. Daerah ini bernama Cipanas karena terdapat sumber air panas yang mengandung belerang yang berada di komplek istana kepresidenan. Pada tahun 1740 pemilik istana kepresidenan ini adalah seorang Belanda yang bernama Van Heots. Karena udara di tempat ini sangat segar dan sejuk, maka pada masa kolonial Belanda bangunan ini berfungsi sebagai tempat peristirahatan Gubernur Jenderal Belanda. Di istana presiden Cipanas anda bisa menyaksikan ruang kerja presiden dan beberapa ruang pertemuan yang digunakan dalam peristiwa-peristiwa sejarah yang sangat penting di Indonesia. Peristiwa-peristiwa tersebut misalnya: pada tahun 1965, Presiden Soekarno mengadakan rapat cabinet tentang perubahan nilai mata uang dari Rp 1000 menjadi Rp 1. Perubahan tersebut dikenal dengan istilah “Sanering”. Anda bisa berwisata sambil belajar tentang sejarah sendiri, seru bukan? Dengan mengunjungi tempat wisata di Cianjur ini, wawasan anda pun akan semakin luas.

  1. Puncak Rindu Alam

Tempat wisata di Cianjur yang satu ini menawarkan keindahan alam cianjur yang bernama Puncak Rindu Alam. Lokasinya berada di Desa Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Tempat wisata di Cianjur (Rindu Alam) ini sebenarnya adalah nama rumah makan sunda yang terletak di perbatasan Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur. Beberapa fasilitas yang terdapat di tempat wisata Cianjur ini antara lain: Area parkir kendaraan, Mushola, Kamar Mandi, penginapan dan masih banyak lagi. tempat wisata di Cianjur puncak rindu alam menyajikan pemandangan alam yang luar biasa indahnya. Hamparan perkebuanan teh yang meliuk-liuk, dan disisi barat nya terlihat lereng gunung gede prangrango, disisi selatan puncak gunung salak yang semakin menambah keindahan tempat wisata di Cianjur ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.