Wisata Ungaran Semarang Yang Mempesona


Wisata Ungaran bisa menjadi alternative liburan anda saat di Semarang lho guys, mau tau apa saja tempat wisata Ungaran yang bisa anda jumpai?. Sebelum membahas itu mari kita kenali dulu profil kota yang satu ini. Jadi Ungaran merupakan ibu kota Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Kota Ungaran ini terbagi menjadi dua yakni Ungaran barat dan Ungaran timur. Tau gak Ungaran terkenal dengan kota seribu rumah makan lho, wah kenapa ya kira-kira?. Hal ini karena kota Ungaran ini merupakan jalur utama perlintasan dari Semarang menuju Solo dan Yogyakarta. Sehingga di sepanjang jalan tersedia banyak sekali rumah makan bagi pengendara untuk beristirahat dan mengisi perut mereka. Selain banyak sekali rumah makan yang bisa anda temui di sepanjang jalan Ungaran ini. Kota Ungaran juga mempunyai potensi wisata yang cukup tinggi dan juga menarik. Berikut beberapa wisata Ungaran yang recommended banget untuk anda kunjungi bersama keluarga, teman maupun pasangan.

  1. Umbul Sidomukti

Wisata Ungaran Sidomukti merupakan tempat wisata alam di Semarang yang sangat populer di kalangan wisatawan. Hal ini karena pesona keindahan alam dari umbl Sidomukti sangatlah mempesona. Bagaimana tidak letak umbul sidemukti yang berada di lereng gunung gunung ungaran, gunung tertinggi di Kabupaten Semarang otomatis akan membuat umbul sidomukti begitu cantik pemandangan alamnya. Lokasi tepat wisata Unggul Sidomukti ini berada di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Ungaran. Kegiatan utama yang bisa anda lakukan di Umbul ini tentunya berenang dong. Ada 4 buah kolam renang bertingkat mulai dari yang paling dalam sampai yang paling dangkal yang biasanya untuk anak-anak. Berhubung tempat ini berada di ketinggian 1200 mdpl sehingga air kolam nya pun sangat dingin, seger banget deh. Yang sangat menarik adalah saat anda berenang anda akan menyaksikan pemandangan kota Semarang dari atas ketinggian. Berenang di umbul Sidomukti dengan suasana Ungaran yang dingin sangatlah syahdu deh. Eits ga hanya berenang saja lho yang bisa anda nikmati di wisata Ungaran Bandungan ini. Karena berbagai kegiatan lain pun tak kalah serunya untuk anda coba seperti menunggang kuda, outbound, adrenalin games, flying fox camping dan masih banyak lagi. Semuanya dilengkapi dengan fasilitas pendukung  penginapan serta pondok lesehan dengan makanan yang enak-enak banget. Untuk harga tiket masuk Umbul Sidomukti ini cukup murah yakni 8 rbu/orang saat weekday dan 10 rbu/orang saat weekend belum termasuk ongkos wahana yang ingin anda coba ya. Buat anda yang ingin nongkrong-nongkrong setelah cape menikmati berbagai permainan di umbul ini. di umbul sidomukti ini terdapat beberapa café salah satunya yang terkenal adalah café pondok kopi. Untuk mencapai ke pondok kopi dari area kolam renang anda hanya perlu naik keatas.

  1. Bukit Cinta Ungaran

Wisata Ungaran 2017 yang baru hits akhir-akhir ini siap-siap deh akan membuat anda baper namanya aja bukit cinta. Gak perlu saya kasih tahu kan anda harus kesini bersama siapa hehe. Bukit cinta ini letaknya di pinggir rawa pening yang hits juga di Semarang. Pemandangan dari bukit sangatlah indah, rawa pening yang begitu menangkan dan hamparan hijau ohon-pohon sekitar sungguh membuta tempat ini begitu romantic. Makanya tak heran kalau di tempat ini biasanya orang-orang menghabiskan akhir pecan bersama pasangan. Garagara ini juga bukit ini kemudian dinamakan bukit cinta. Disini juga terdapat mitos lcunya, katanya kalau pasangan datang kesini bakalan putus. Seperti yang saya ilang, ini hanyalah mitos belaka hehe. Tiket masuk bukit cinta ini lumayan murah lho yakni 6 rbu/orang saja. Ayo segera ajak pasangan anda untuk menciptakan kenangan indah di tempat yang juga indah ini. sedikit sejarahmengenai bukit cinta nih, jadi dulunya tempat ini merupakan tempat tinggi yang digunakan oleh pemerintah hindia Belanda sebagai gardu untuk memantau tanaman eceng gondog yang terhampar rapi di rawa pening. Tujuannya adalah untuk mengenadlikan tanaman eceng gondog agar tidak menggangu jalanya pembangkit listrik tenaga air yang dibnagun oleh belanda. Setelah Indonesia merdeka, tempat ini pun diambil alih oleh pemerintah dan dijadikan Gardu Pemandangan Alam Rawa Pening.

Untuk melengkapi wisata Ungaran anda, sebaiknya anda mengeksplore kuliner ungaran yang sudah cukup terkenal lho di kalangan wisatawan, mau tau kuliner khas Ungaran apa saja. Ada banyak sekali kuliner khas ungaran yang bisa anda jumpai saat berwisata Ungaran misalnya Tahu Bakso. Tahu bakso di ungaran ada dua macam ada tahu bakso basah dan tahu bakso kering. Tahu bakso basah bisa langsung dimakan ya tak perlu digoreng karena sudah direbus, jadi sudah mateng. Sedangkan tahu bakso kering bisa anda jadikan oleh-oleh, dan digoreng dirumah menggunakan telur agar lebih nikmat. Bagaimana tertarik untuk mengeksplore wisata Ungaran. Inilah ulasan saya terkait wisata Ungaran, bagaimana dengan anda?.

 

Wisata Semarang Yang Tak Boleh Terlewatkan

Semarang merupakan ibu kota Provinsi Jawa Tengah yang memiliki potensi wisata yang tak diragukan lagi. Wisata semarang sangatlah beragam, mulai dari wisata wisata sejarah, wisata alam, wisata budaya dan masih banyak lagi. Semarang merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia setelah, Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Medan. Maka tak heran jika Semarang sangat berkembang pariwisatanya. Berikut beberapa wisata Semarang terbaru 2017 misalnya:

  1. Pantai Marina

Semarang juga mempunyai pantai-pantai yang indah dengan pemandangan eksotis loh. Salahsatu wisata Semarang Pnatai adalah Pantai Marina. Pantai ini lokasinya berda di Jl Yos Sudarso, Kompleks PRPP, Tawangsari, Semarang. Tiket masuk wisata Semarang pantai ini murah banget yaitu 5 rbu/orang saja. Pantai Marina terbentuk dari hasil reklamasi pantai di kawasan Semarang yang sebelumnya merupakan hutan bakau. Pemerintah setempatpun mengelola tempat ini dengan baik, sehingga bisa dijakan tempat wisata yang menyajikan pemandangan alam yang masih segar.wisatawan dapat menikmati indahnya pemandangan hutan bakau sekitar pantai ini dengan menggunakan kapal yang telah disediakan oleh petugas. Jumlah kapalnya pun cukup banyak. Fasilitas yang lain pun tersedia seperti arena balap mobil, ban renang, dan gazebo yang terletak disepanjang panta. Untuk anda yang suka berfoto, wisata semarang pantai ini banyak tersedia spot-spot poto yang keren loh. Wisata Semarang alam yang satu ini pokoknya recommended banget bagi anda dan keluarga menghabiskan waktu bersama.

  1. Taman Lele

Wisata Semarang yang satu ini cukup unik loh, dari namanya saja Taman Lele. Anda pasti penasaran kan?. Taman lele bukan berarti banyak lelenya loh. Tapi ceritanya dulu ditempat ini terdapat pohon beringin yang dibawahnya ada mata air yang terdapat banyak ikan lele. Taman lele adalah wisata Semarang untuk anak yang menyajikan pemandangan danau yang sejuk sangat cocok untuk bermain anak bersama keluarga. Lokasi Wisata Semarang Taman lele ini berada di Jl Raya Wali Snggo km 10Kecamatan Ngaliyan, Semarang. Taman lele buka setiap hari dengan harga tiket yang sangat murah yaitu 3 rbu/orang pada hari sening-sabtu dan 3500/orang pada hari minggu. Di tempat wisata Semarang yang satu ini terdapat danau buatan, anda pun bisa naik perahu bebek untuk mengililingi danau ini dengan harga  10 ribu tiap perahu. Selain danau tersedia pula kolam renang yang terdapat kebun binatangnya. Binatang-binatang tersebut misalnya buaya, ular piton, buruk merak dan masih banyak lagi.

  1. Lawang Sewu

Pernah dengar Lawang Sewu? Bangunan bersejarah yang ada di Semarang ini harus anda kunjungi loh. Wisata Semarang Lawang Sewu adalah bangunan peninggalan Belanda yang dibangun pada tahun 1903-1907 yang terdiri dari 5 bangunan utama. Pertama, gedung A yang merupakan bangunan utama Lawang sewu. Kedua, Gedung B yang letaknya bersebelahan dengan gedung A dan saat ini digunakan sebagai ruang pamer perjalanan sejarah Lawang SEWU. Ketiga, gedung C adalah pusat imformasi wisata Semarang Lawang Sewu. Terahir adalah gedung D dan gedung E. Tiket masuk wisata Semarang Lawang Sewu cukup murah yakni 10 rbu/orang. Lokasi Lawang Sewy berada di Komplek Tugu Muda, Jl Pemuda, Sekayu, Semarang. Yang istimewa dari lawang sewu adalah balkonnya, karena dari balkon tersebut anda bisa melihat langsung pemandangan kota Semarang yang indah. Penamann Lawang Sewu karena banyaknya pintu yang ada ditempat ini.

  1. Jalan Pahlawan Semarang

Kalau wisata Semarang yang satu ini sangat asyik buat nongkrong menghabiskan akhir pekan anda. Jalan pahlawan adalah tempat wisata Semarang malam hari yang sangat ramai dan tempatnya pun sangat indah. Aneka makanan dan minuman pun banyak anda temukan ditempat ini. Biasanya wisata Semarang yang satu ini mulai rame pengunjung pada jam  18.00. kemudian pada hari minggu tempat Wisata Semarang ini biasanya dijadikan acara Car Free Day yang berlangsung dari jam 05.00 hingga jam 09.00 wib. Jika anda berlibur ke Semarang, jangan lupa untuk bersantai-santai ria di wisata semarang yang satu ini.

Selain beberapa wisata Semarang yang saya rekomndasikan diatas. Semarang juga mempunyai tempat wisata Semarang instargam buat kamu yang suka berfoto. Tempat-tempat tersebut diantaranya: pertama, Gardu Pandang Lereng Kelir. Gardu pandang ini lokasinya berada di Dusun Brongkol, Desa Gertas, Kecamatan Jambu, Kota Ambarawa, Semarang. Kedua, Pondok Kopi adalah sebuah cafe yang letaknya dibawah kaki gunung Ungaran. Ketiga, wisata alam Bantir Hills yang letaknya berada di bukit Bantir, Dusun Bantir, Desa Losari, Kecamatan Sumowono, Semarang, Jawa Tengah. Keempat, Setya Aji Flawer Farm yang terletak di Dusun Ngasem, Desa Jetis, Kecamatan Bandungan, Semarang. Wisata semarang yang satu ini adalah spot poto yang hits banget di Semarang dengan background bunga-bunga yang cantik.